What's New?

Windows merupakan bagian yang penting dari sebagian besar PC diseluruh dunia. Selama bertahun-tahun, sistem operasi Windows menjadi kunci utama pada sebuah PC, dan juga untuk memaksimalkan fungsi masing-masing.
Setiap kali Microsoft merilis edisi terbaru dari Windows, keingintahuan manusia akan perkembangan tersebut juga akan bertambah besar. Baik dari segi fitur, kelengkapan, dan hal yang baru dari sistem operasi tersebut. Hal ini tentunya merupakan fenomena yang sangat wajar, mengingat s
istem operasi Windows adalah bagian dari keseharian miliaran orang-orang didunia. Kami akan memulai pembahasannya dengan melihat sejarah dari Windows.


a. Windows 1.01

Dimulai saat era tahun 1985 dimana Microsoft merilis Windows 1.01 yang berjalan diatas MS-DOS.

b. Windows 3.0

Lima tahun kemudian hadir Windows 3.0 yang sudah mulai menggunakan navigasi sistem berbasis jendela dan memaksimalkan penggunaan tetikus (mouse). Kelebihan versi ini dari versi sebelumnya adalah adanya Program Manager (kumpulan program, dokumen, dan pengaturan), kemampuan untuk me-minimize desktop, dan jendela program yang dapat overlap satu sama lain. Program Manager pada Windows 3.0 saat ini telah menjelma menjadi Windows Explorer.




c.Windows 95

Pada tahun 1995, Microsoft meluncurkan sistem operasi pengembangan dari Windows 3.0. Namun Windows edisi ini tidak diberi nama Windows 4.0, melainkan Windows 95. Beberapa pengembangan dan fitur terbaru antara lain adalah Taskbar, Start Menu, Caption Controls, Quick Launch, dan Active Desktop.




d.Windows 98

Tiga tahun kemudian dirilis Windows 98 yang merupakan pengembangan dari Windows 95 dengan penambahan berbagai fitur.


e. Windows XP

Microsoft meluncurkan Windows XP pada tahun 2001. Beberapa perubahan signifikan dari UI adalah taskbar grouping, desain themes yang baru, start menu, dan ballon tips. Windows XP merupakan sistem operasi yang cukup legendaris dan memiliki penggemar sendiri sampai saat ini.




f. Windows Vista

Lima tahun kemudian Microsoft mengumumkan secara resmi bahwa proses pengembangan Windows Vista telah mencapai tahap final. Windows Vista dilahirkan dengan berbagai macam fitur yang mengelaborasikan masukan dari pengguna enterprise maupun pengguna personal. Pengembangan fitur pengaman PC, desain baru antarmuka, fitur hiburan, hingga desain baru dari TCP/IP memberikan implikasi pada kebutuhan perangkat keras yang harus memadai.

Namun pada saat itu kehadiran Windows Vista pada saat itu masih belum diimbangi dengan kehadiran perangkat keras mampu mengakomodasi kebutuhan sistem operasi. Alhasil banyak pengguna belum bisa memanfaatkan seluruh fitur dari Windows Vista secara optimal.



Nah, sekarang saatnya kita membahas tentang windows 7. Pada tanggal 28 Oktober 2008, Microsoft mendemokan untuk pertama kalinya ke publik Windows 7 versi PreBeta (build 6801) dalam acara Professional Developer Conference 2008 di Los Angeles, California.

Apakah Itu Windows 7?

Windows 7 merupakan perkembangan dari Windows XP dan Vista. Windows ini menggunakan sistem kerja yang lebih memudahkan manusia dalam pengerjaan PC. Pada awalnya Windows 7 adalah nama kode (code name). Sedangkan seperti yang kita ketahui bersama bahwa nama kode dari Windows Vista adalah Longhorn. Hal ini memang agak jarang terjadi dimana nama kode (nama pada saat proses pengembangan), sama dengan nama final. Selama beberapa tahun terakhir generasi Windows memiliki nama yang berbeda, Windows 95, Windows 98, Windows XP, dan Windows Vista. Secara sederhana karena ini adalah generasi Windows ketujuh maka "Windows 7" jadi alasan yang masuk akal.

Apa sih yang baru di windows 7 itu?


1. Pada bagian bawah taskbar akan menunjukkan program apa yang akan kita gunakan dan beralih ke program lain saat program sebelumnya masih terbuka.

2. Dapat menggunakan sebuah program dengan satu kali klik saja. Dan menu taskbar bisa diubah dengan hanya mengklik dan menariknya.

3. Tampilan ikon terlihat lebih besar, sehingga memudahkan untuk proses pengenalan.

4. Jendela program dapat terlihat secara keseluruhan hanya dengan mendekatkan kursor ke ikon taskbar saat program sedang berjalan.

Contoh :


5. Dalam windows 7 masih menggunakan program-program yang terdapat dalam windows sebelumnya. Namun pengerjaannya akan lebih mudah. Apabila kita akan menggunakan fitur-fitur dalam salah satu program yang ada dalam taskbar, maka hanya dengan mengklik kanan dalam program tersebut akan terlihat menu-menu yang terdapat dalam ikon program dan tinggal memilih untuk menggunakannya.

Contoh :


6. Windows 7 memudahkan kita dalam menampilkan beberapa program saat waktu yang bersamaan. Saat kita ingin membandingkan dua jendela program, kita hanya tinggal membuka jendela pertama, dan menariknya ke salah satu sisi layar kemudian membuka program baru, yang secara langsung kemudian akan menyesuaikan ke sisi lan sehingga dapat dibandingkan kedua jendela tersebut di dua sisi. Dua jendela tersebut juga akan secara otomatis menyesuaikan ukurannya.

Contoh :

7. Internet Explorer 8

Saat ini, telah tersedia Internet Explorer 8 yang akan membantu kita mencari data secara online secara lebih cepat. Windows 7 telah memberikan kemudahan itu, tanpa mendownload, kita sudah bisa mengaksesnya karena perangkat ini telah langsung tersedia. Dengan adanya inovasi kolom alamat, cari, tab, dan Favorit bar, Internet Explorer 8 memberi kita lebih banyak informasi, dengan sedikit usaha.

8. Manajemen perangkat

Windows 7 memudahkan kita untuk mengatur beberapa perangkat lain hanya dengan satu jendela program. Perangkat printer, telepon dan perangkat lainnya bisa dikontrol hanya dengan satu jendela program.

9. HomeGroup

Program baru dari Windows 7 Home Group memudahkan kita dalam bekerja dengan beberapa perangkat namun dengan jarak yang jauh. Sebagai contoh, kita bisa berbagi foto atau pun file lainnya hanya dengan PC lain yang masuk ke dalam anggota home group kita. Begitu juga dengan penggunaan perangkat lain seperti printer.

10. View available Network (VAN)

Windows 7 memudahkan kita untuk terhubung ke semua jaringan internet secara sederhana dan konsisten. Anda akan selalu terhubung ke jaringan yang tersedia, tanpa memperhatikan apakah mereka didasarkan pada jaringan Wi-Fi, mobile broadband, dial-up, atau perusahaan Anda VPN.

Dampak Positif :

Pengguna Windows pada dasarnya menginginkan sistem operasi yang dapat membantu tugas-tugas sehari-hari menjadi lebih cepat dan mudah digunakan, dan memberikan pilihan baru dalam cara berinteraksi dengan komputer. Windows 7 dikembangkan agar tetap responsif dalam prosesor dan memori komputer dengan spesifikasi minimal, efisien dalam penggunaan energi, aman digunakan dalam berbagai macam jaringan internet, dan mampu memanfaatkan teknologi-teknologi terbaru perangkat keras secara maksimal. Jadi, indows 7 dibangun berdasarkan masukkan dari pengguna Windows diseluruh dunia, mampu menggunakan daya seefisien mungkin, dan memiliki kapabilitas untuk berjalan diatas perangkat keras dengan spesifikasi minim dengan tidak mengorbankan performa.

Tampilan video :


Referensi :

www.microsoft.com
www.wikipedia.com
Narendawicaksono.http://wss-id.org/blogs/narenda/archive/2009/04/08/windows-7-dan-sejarahnya.aspx

*semua di browse tanggal 7 Mei 2009, pukul 15.00












  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

1 komentar:

Anonim mengatakan...

windows 7 emang keren. saya udah pakai. :D

Posting Komentar