Internet = Media Massa???
Berbicara mengenai internet di jaman sekarang, tidak akan terasa asing. Hampir semua orang mengetahui tentang internet. Namun, hingga sekarang masih terjadi kontroversi apakah internet merupakan media
Media
Media massa merupakan singkatan dari media komunikasi massa, merupakan channel of mass communication, yaitu saluran, alat, atau sarana yang dipergunakan dalam proses komunikasi massa. Komunikasi massa mempunyai arti penyampaian pesan, gagasan, atau informasi yang ditujukan kepada orang banyak. Karakteristik komunikasi massa meliputi beberapa hal, yakni komunikatornya melembaga. Komunikator berbicara mewakili mewakili lembaga (media massa), bukan atas nama dirinya sendiri. Pesan bersifat umum karena dikonsumsi untuk orang banyak yang heterogen. Media menimbulkan keserampakan (simultaneous) dan serentak (instantaneous) penerimaan oleh
Karakteristik media
Media
Menurut asumsi dasar tersebut, lingkungan simbolik di sekitar (informasi, gagasan, kepercayaan, dan lain-lain) seringkali kita ketahui unsur lingkungan simbolik yang berbeda. Lingkungan simbolik tersbut semakin kita miliki bersama jika kita berorientasi pada sumber media yang sama. Meskipun setiap individu atau kelompok memang memiliki dunia persepsi dan pengalaman yang unik, namun mereka memerlukan kadar persepsi yang sama terhadap realitas tertentu sebagai prasyarat kehidupan sosial yang baik. Sehubungan dengan itu, sumbangan media
Asumsi dasar kedua ialah media
Media juga menerima sejumlah tanggung jawab untuk ikut aktif melibatkan dari dalam interaksi sosial dan kadang kala menunjukan arah atau memimpin, serta berperan dalam menciptakan hubungan dan integrasi. Konsep media sebagai penyaring telah diakui masyarakat, karena media sering kali melakukan seleksi dan penafsiran terhadap suatu masalah yang dianggap membingungkan.
Komponen komunikasi
a. komunikator
Proses komunikasi
b. codes dan content
Codes merupakan sistem simbol yang digunakan untuk menyampaikan pesan komunikasi. Content atau isi media merujuk pada makna dari sebuah pesan.
c. Gatekeeper
Gatekeeper seringkali diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia sebagai penjaga gawang. Gawang yang dimaksud dalam hal ini adalah gawang dari sebuah media
d. Regulator
Dalam proses komunikasi
e. Media
Media
f. Audience
Marshall McLuhan menjabarkan audience sebagai sentral komunikasi
g. Filter
Filter dapat diartikan sebagai saringan. Pengindraan kita yang berfungsi sebagai filter komunikasi dipengaruhi oleh 3 kondisi, yakni budaya (cultral), tatanan psikologi (Psychological), kondisi fisik (Physical).
h. Feedback
Feedback disebut sebagai respons atau tanggapan. Proses komunikasi belum lengkap apabila audiens tidak mengirimkan respons atau tanggapan kepada komunikator terhadap pesan yang disampaikan.
Internet dan World Wide Web (WWW)
Internet memang besar manfaatnya bagi manusia, tetapi internet juga bisa membahayakan kehidupan manusia. Internet bisa merusak moral masyarakat dan melecehkan martabat manusia dengan penyebaran pornografi yang bebas hambatan. Ibarat pedang bermata dua. Internet dapat berfungsi sebagai sarana penyebaran iklan dagang ke seluruh dunia. Internet juga bisa merupakan sarana yang aman untuk menumpahkan unek-unek di bidang politik. Menyerupai selebaran gelap yang tak diketahui sumbernya. Sama pula dengan komunikasi antarpribadi yang menyebarkan desas-desus, gosip, kabar burung, selentingan dan sebagainya. Internet juga seakan-akan memberikan alternatif bagi kebebasan pers yang rawan pencekalan atau pembredelan. Tetapi pada saat yang sama internet mudah digunakan untuk merusak moral masyarakat dan melecehkan martabat manusia seperti diutarakan tadi.
Menurut Laquey, internet merupakan jaringan longgar dari ribuan komputer yang menjangkau jutaan orang di seluruh dunia. Misi awalnya adalah menyediakan sarana bagi para peneliti untuk mengakses data dari sejumlah sumber daya perangkat keras komputer yang mahal. Namun, sekarang internet telah berkembang menjadi ajang komunikasi yang sangat cepat dan efektif, sehingga telah menyimpang jauh dari misi awalnya.
Dewasa ini, internet berkembang secara fenomenal, tidak saja dari segi jumlah tetapi dari segi penggunaanya. Internet memungkinkan setiap orang di belahan dunia manapun dapat saling berkomunikasi dengan sepat dan mudah. Fitur internet yang paling popular adalah e-mail dan world wide web (www).
Pada kamus komputer dan teknologi informasi, internet berasal dari istilah interconnection networking yang dapat diartiakn sebagai hubungan komputer dengan berbagai tipe yang membentuk sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia (jaringan komputer global) dengan melalui jalur telekomunikasi seperti telepon, saluran radio, satelit dan lainnya. Dengan menggunakan internet, pemakai komputer di seluruh dunia dimungkinkan untuk saling berkomunikasi dan pemakaian bersama informasi dengan cara saling kirim e-mail, menghubungkan ke komputer lain, mengirim dan menerima file, membahas topik tertentu pada newsgroup dan lain-lain.
Pada dasarnya, internet adalah sistem jaringan telekomunikasi pertukaran data digital. Sedangkan World Wide Web (WWW) adalah komunitas sejumlah besar situs web yang memanfaatkan internet sebagai sarana transportasi datanya. Situs web merupakan unit medium komunikasi digital yang isi, bentuk dan karakteristiknya dibangun dari komposisi data digital dengan aturan tertentu. Komposisi berbeda akan membentuk karakter situs web yang berbeda pula.
Sejauh ini, belum banyak teori baru yang dikembangkan berkaitan dengan internet dan world wide web. Roger Fidler mengembangkan teori tentang mediamorfosis, yang berusaha menjelaskan hubungan antara media baru dengan media lama. Fidler memperlihatkan suatu struktur guna memahami pengaruh-pengaruh potensial perkembangan teknologis tersebut terhadapa media utama yang popular : Koran, majalah, televisi, dan radio.
Media internet sndiri, sebagai suatu media baru (new media), pada giliranya juga telah mengahdirkan sekian macam bentuk jurnalisme yang sebelumnya tidak kita kenal. Salah satunya adalah yang kita sebut dengan citizen journalism.
Roger Fidler berpendapat, media baru tidak muncul begitu saja. Bahwa terdapat sebuah sistem yang saling terkait, dan mencatat berbagai kesamaan dan hubungan yang ada antara bentuk-bentuk yang muncul di masa lalu, masa sekarang, dan yang sedang dalam proses kemunculanya. Ketika bntuk-bentuk media komunikasi yang lebih baru muncul, bentuk-bentuk yang terdahulu biasanya tidak mati-terus berkembang dan beradaptasi.
Asumsi Pribadi
Internet dapat dikatakan sebagai media baru (new media), dimana keberadaanya masih diragukan apakah internet merupakan media
Menurut uraian di atas, kami menyimpulkan bahwa internet merupakan media
Selain itu, internet juga memiliki komponen-komponen atau karakteristik seperti yang dikatakan dalam uraian di atas. Misalnya dalam karakteristik media
Codes merupakan sistem simbol yang digunakan untuk menyampaikan pesan komunikasi. Bagaimana cara komunikator menyampaikan informasi kepada komunikan. Sistem simbol dalam suatu media onlin kemudian adalah menyampaikan secara langsung informasi tersebut secara tulisan kepada komunikan. Namun, dalam media online, penyampaian tidak hanya berupa tulisan, tetapi bisa juga dalam bentuk foto, musik, film, dan lain-lain. Content atau isi media merujuk pada makna dari sebuah pesan. Yakni berisi informasi yang memang yang memang ditujukan kepada komunikan. Namun, dalam media online bisa tidak terbatas. Content bisa menuju kepada sebuah gambar bukan tulisan.
Selain itu, dalam media
Komponen selanjutnya adalah regulator, yakni pemerintah. Pemerintah di sini jelas berperan sebagai pihak yang bisa menghentikan aliran berita atau menghapus berita tersebut. Seperti kasus dihentikannya pengaksesan situs You Tube, situs ini kemudian oleh pemerintah dihentikan akses bagi browsernya. Regulasi tersebut memanglah pihak yang bukan bagian dari media yang menghasilkan berita. Selanjutnya, internet merupakan sebuah media online, yang di mana pengaksesannya tidak menggunakan media cetak maupun elektronik. Sebagai seorang komunikan yang sering mengakses situs-situs internet, pengindraan kita bisa dikategorikan sebagai filter. Filter sendiri pada dasarnya berasal dari internal diri kita. Serta komponen yang terakhir adalah feedback yakni respons dari komunikan.
Informasi penting yang tersedia di internet jumlahnya terus meningkat. Internet ibarat cairan yang berubah setiap detik, begitu beritanya mengalir, maka pandangan yang berbeda, laporan dan aneka pendapat mengairi berbagai arsip dan forum. Perkakas pelacak canggih, dengan nama seperti Gopher, World Wide Web (WWW) dan WAIS dapat membantu kita mendapatkan informasi. WWW kemudian merupakan komunikasi data digital berupa jejaring situs web. WWW pun merupakan infrastruktur lanjutan bagi proses komunikasi berlandaskan situs web sebagai medium komunikasinya. Sementara situs media
Kemudian kami juga berpendapat bahwa adanya konvergensi media kemudian menyebabkan internet lebih bisa dikenal sebagai salah satu media
Jadi, kami mengkategorikan internet sebagai media
Referensi :
Haryati, dkk. 2007. Mengamati Fenomena Citizen Journalism.
Elvinaro,dkk. 2007. Komunikasi
Fidler, Roger. 1997. Mediamorfosis Memahami Media Baru.
Rivers, Willian L. dkk. 2003. Media Massa dan Masyarakat Modern.
2 komentar:
klo ga salah Bu Purwanti pernah ngomong klo internet itu merupakan media massa.. jadi media massa tergolong menjadi media massa elektronik, cetak dan media massa baru (new mass media)khusus untuk Internet...
siip lah din..
hmm, samaa. menurut aku jg internet itu bs dikategorikan sbg media massa. soalnya skrg kan banyak org yg saling menyampaikan informasi, pesan, dsb melalui internet. skrg jg banyak org yg mengakses berita online such as detik.com, okezone.com, dsb. forum2 tempat org saling bertukaran info gtu jg udah banyak, kaskus.us misalnya, salah satu forum terbesar di indonesia. tempat org jual beli, saling sharing ttg suatu hal, dsb.. melihat dr contoh2 di atas, bs dong kalo internet dikategorikan sbg media massa? hehe maaf ya kalo salah2 kasi pendapat :D
Posting Komentar