Get Your Self Respect, Girl!

Nggak perlu bergabung dengan tim cheerleader untuk bisa jadi cewek happy dan punya self respect. Tapi kamu bakal bisa ber-cheer-ria sambil melakukan trik-trik self respect berikut ini!


Give me a “S” for...
Set goals
Cari tahu apa yang pengen kamu lakukan buat hidup kamu. Dengan mengetahui apa cita-cita kamu, kamu bakal tahu langkah-langkah apa saja yang musti kamu lakukan untuk menuju ke sana.
How? Nggak perlu memikirkan hal-hal yang terlalu jauh. Pikirkan hal yang pengen diraih dalam waktu tiga bulan sampai setahun ke depan, starting now!
  • Kalau pengen dapat nilai bagus di kampus, bikin daftar hal yang musti dikorbankan, termasuk jatah hang out.
  • Mulai cari tahu arah minat kamu. Plus serius belajar di kampus dan usahakan untuk dapat nilai-nilai yang oke.
  • Berani punya pilihan sendiri saat teman-teman lain punya pilihan berbeda, termasuk saat memilih pilihan hidupnya.
  • Bilang ortu tentang cita-citamu. Dukungan dari mereka bikin kamu jadi termotivasi untuk serius meraih cita-cita. Nggak pengen, kan mengecewakan mereka?
  • Masih bingung apa sebenarnya bakat kamu? Coba, tanya ke adik, kakak, sahabat.

“Why” you ask? Sebagai cewek yang smart dan punya self respect, kamu harus tahu apa yang kamu mau dan pengen kamu raih. Dengan men-set goals dari sekarang, akan lebih mudah buat kamu untuk memikirkan langkah apa saja yang harus dilakukan buat mencapai cita-citamu.

Give me an “E” for...
Exercise
Paling anti sama kegiatan olahraga? Well, guess! Malas berolahraga malah menyebabkan, Osteoporosis, Munculnya selulit, Badan jadi kaku, Resiko terserang penyakit jantung jadi lebih besar.
Melakukan olahraga secara teratur bisa menghindari kita dari rasa capek berlebihan plus memperbaiki mood! Kalau lagi bete, buruan pakai sepatu sneakers-mu dan mulai jogging. Rutin berolahraga 4-6 hari dalam seminggu selama 30-60 menit bermanfaat banget buat tubuh dan pikiran. Get your freak on! Lakukan latihan simpel berikut : Naik-turun tangga di rumah, Keliling kompleks rumah sambil naik sepeda, Bersih-bersih kamar sendiri, mulai dari menyapu hingga pel.




Give me a “L” for…

Love your self
Kalau kamu perhatian sama penampilan tapi benci sama bentuk tubuh kamu, itu sih sama aja bohong. Bisa menerima diri kamu apa adanya itu wajib banget kamu lakukan, no matter what. Saat kamu mulai merasa kalau kamu gak oke ingat-inget deh…
  • Stop membandingkan diri dengan superman atau aktris di majalah. You are you and no one can take that away from you.
  • Tubuh yang sempurna adalah tubuh yang sehat, bukan tulang berbalut kulit.
  • Setiap orang dilahirkan dengan keunikan masing-masing dan kita harus bangga sama keunikan kita itu.
Give me a “F” for…
Focus on fitness
Diet keras gak akan membawa efek baik bagi badan kamu yang dalam masa pertumbuhan. Usahakan untuk selalu “melarikan diri ke olahraga”. It’s the best way to keep shape and stay healthy. Supaya semangat berolahraga, tips berikut mungkin bisa membantu :
  • Pilih waktu tepat untuk olahraga. Kalau badanmu terlalu kaku, lakukan olahraga di siang atau sore hari, saat badan lebih fleksibel
  • Ingat! Hasil dari kegiatan olahraga baru akan terlihat dalam waktu beberapa minggu bahkan bulan. Butuh kerja keras untuk bisa dapetin perut ala Fergie
  • Kalau kamu merasa sakit saat berolahraga, stop dulu dan beristirahat jangan terlalu memaksa
Healthy habit, kamu bisa dapetin manfaat positif kalau kamu rajin berolahraga. Coba bikin jadwal olahraga sendiri. Misalnya setiap hari senin, Rabu, Jumat dan Sabtu. Kasih tau mama, tentang jadwalmu itu, minta untuk diingatkan dan ditemani saat berolahraga.

Give me a “R” for…
Rest and rileks
Waktu tidurmu tersita habis gara-gara keasyikan maraton DVD? Padahal kadar tidur yang cukup itu penting, lho buat tubuh dan pikiran karena ternyata :
  • Saat tidur, otak kita tetap bekerja. Semua hal yang ada di dalam pikiran akan disusun secara rapi. Makanya pikiran jadi lebih segar setelah bangun tidur.
  • Tidur bisa memancing sisi kreatif. Berkat penyusunan tadi, isi otak jadi agak lowong. Tempat lowong ini bisa jadi kesempatan untuk memikirkan ide kreatif.
  • Dengan tidur cukup, kulit juga jadi cantik. Saat tidur, kulit berkesempatan untuk memperbaiki jaringan sekaligus menyembuhkan jerawat.
  • Tidur yang cukup bakal bikin kita jadi lebih tenang saat menghadapi ujian di keesokan harinya.
  • Kekurangan tidur kronis bisa mengganggu sistem imun di dalam tubuh, yang bisa bikin kita gampang sakit . Be a sleeping beauty! Jadi, matikan lampu dan TV di kamarmu, hitung 1,2,3... sleep tight!

Give me an “E” for...
Eat Right
Tubuh yang masih dalam tahap perkembangan butuh banyak zat penting, seperti lemak, karbohidrat, protein, plus berbagai jenis mineral seperti kalsium, magnesium dan fosfat. Jangan lupa juga untuk menyertakan serat yang ampuh buat melancarkan sistem pencernaan. Pastikan kamu sering mengonsumsi makanan-makanan sehat berikut, ya!
Fat of the land. Selain melindungi organ penting di dalam tubuh, lemak juga berfungsi sebagai sumber energi. Tapi kalau berlebihan bisa bisa meningkatkan kadar kolesterol yang akhirnya mengacu pada penyakit jantung bahkan stroke. Sebaiknya batasi asupan makanan yang mengandung lemak. Fiber bible. Serat berfungsi untuk melancarkan proses pencernaan dan ampuh buat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan dan gandum wajib ada di dalam menu makananmu!
Jangan lupa... untuk nggak melewatkan jam makan pagi, siang dan malam kamu, termasuk sarapan yang nggak kalah penting.

Give me a “S” for...
Soul search
Di dalam badan yang sehat, pasti ada jiwa yang sehat, ini berlaku banget buat semua cewek yang memiliki self respect terhadap dirinya karena melengkapi identitas kamu sebagai seorang manusia.
Lovely soul. Dengan jiwa yang sehat, aura cantikmu juga akan terpancar. It's what's inside that counts! Bukan cuma badan, jiwa kamu juga harus sehat.
Strike a pose-itive thought. Wajib punya pemikiran yang positif dan optimis. Dan cara untuk membangkitkan sikap think positive adalah dengan membaca artikel berikut. Go on, read on!

Give me a “P”
Play the Positive side
Kita memang nggak selalu berpikiran positif di situasi-situasi tertentu. Padahal sikap seperti ini sebenarnya nggak boleh jadi kebiasaan karena bisa merusak pikiran.
Wash away! Kalau pikiran kita terkontaminasi sama pikiran buruk, bisa-bisa nggak ada lagi hal yang terlihat positif di mata kita. Bagaimana kamu bisa menikmati hidup kita kalau terus-terusan berpikiran buruk?
Boost your mood! Hal-hal yang kita lakukan di pagi hari bisa berefek pada mood kita di hari itu. Lakukan hal-hal yang kita sukai supaya pikiran negarif jadi hilang, dengan makan es krim, curhat sama sahabat, dan window shopping.

Give me an “E” for...
Enjoy life
Melakukan hal-hal positif yang dengan sepenuh hati bisa jadi salah satu sikap kamu dalam menikmati hidup. Ada hal-hal kecil dan sepele yang sebenarnya indah. Be a happy hippo, bisa mencinta diri sendiri dan orang lain bisa membuat kita menikmati hidup.

Give me a “C” for..
Care for orthers
Ada banyak teman kita yang kondisi kesehatannya terganggu, lingkungan yang rusak sampai kenakalan yang terjerat narkoba. Nggak ada salahnya lho membantu dan menunjukkan sikap peduli pada mereka.
Heal the world. Sikap care for others nggak cuma berlaku buat sesama manusia tapi juga lingkungan dan hewan. Dengan jadi donatur atau sukarelawan, itu sudah bisa jadi wujud peduli. Your action count! Meski nggak musti terlibat secara langsung, dengan menunjukkan dukungan atau donasi kamu terhadap beberapa lembaga di atas, itu sudah jadi bukti wujud peduli kamu terhadap masalah tersebut.

Give me a “T”
Talk yourself up!
Pernah ngalamin situasi saat berada di tengah pesta nikah tapi kamu nggak berani memperkenalkan diri pada orang-orang di situ? Atau merasa takut menyampaikan pendapat? Tenang aja, itu normal kok. Braveheart. Berani mengutarakan pendapat nggak berarti memaksakan pendapat. Yang dimaksud adalah bagaimana cara kamu untuk berani mengeluarkan opini tanpa merasa takut ditolak atau dianggap remeh. So, talk to yourself up and make yourself be heard!

CHEERS!
Tujuan dari self respect adalah rasa percaya diri. Dengan memperhatikan kesehatan tubuh dan memiliki pikiran yang positif, rasa percaya diri otomatis akan meningkat. Kamu gak ragi jadi diri sendiri karena kamu memang betul-betul menghargai diri kamu apa adanya, luar dan dalam. Now, lift up your pom-poms and give yourself a cheer!

-analisa penulis-

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

4 komentar:

Anju Christian mengatakan...

mantep2

usul:
bahas gaya anak yg baru jadi remaja....
merokok,,ke bioskop dengan celana kuncup dan rambut mohawk jadi trnd mereka sekarang...
diluar batas wajar mengingat usianya

rocket blog-lifestyle mengatakan...

okaay makasih masukannya nju :D
ditunggu saja ulasannya hehe

jalanjalanyuk mengatakan...

nice post..
memang harus mencintai diri sendiri dulu nih sebelum mencintai orang lain, hehehe....

pelangikecil mengatakan...

iye cewek jaman sekarang...
krisis identitas

Posting Komentar